Garis Keturunan Indonesia Dari Sandy Walsh, Neneknya Lahir Di Purworejo

By ommed


nusakini.com - PSSI sudah memastikan bahwa dua nama keturunan Indonesia, yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh, tengah dikebut untuk proses alih status kewarganegaraan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Dokumen kedua pemain itu sudah diproses ke negara, dibantu oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Hasani Abdulgani selaku anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI ditugaskan untuk mengurus proses naturalisasi kedua pemain tersebut. Hasani menjelaskan dalam kanal Youtube Tommy Desky, bahwa garis keturunan Indonesia dari Jordi dan Sandy sudah jelas.


Memiliki garis keturunan Indonesia diharapkan bisa mempercepat proses naturalisasi dari kedua pemain tersebut. Karena tidak mungkin keduanya diurus lewat jalur tinggal di Indonesia dalam kurun waktu tertentu, sementara keduanya belum pernah menetap di Tanah Air.

"Pertama yang kirim dokumen itu Walsh dan Amat, Sandy Walsh bilang kakek dan neneknya orang Indonesia dia kirim dokumen itu, neneknya lahir di Purworejo, Jawa Tengah. Kakeknya lahir di Surabaya, Jawa Timur.. Lalu Jordi itu neneknya orang Indonesia. Neneknya itu lahir di Makassar. Dari sisi dokumen itu FIFA tidak masalah untuk kami lanjut naturalisasi,” urai Hasani.

Hasani juga menjelaskan bahwa sebenarnya Mees Hilgers dan Kevin Diks punya garis keturunan Indonesia yang jelas. Hilgers berdarah Manado, sementara Kevin berdarah Maluku. Sayang, kedua pemain tersebut ragu untuk menjadi WNI setelah berdiskusi dengan keluarga.


Diharapkan, proses naturalisasi dari pemain yang sudah setuju bisa berjalan cepat hingga segera membela timnas Indonesia. Kalender yang jadi bidikan PSSI adalah Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni mendatang.

"Kami katakan kepada Menpora, kami butuh pemain ini untuk penyisihan Piala Asia bulan Juni. Kita harapkan sebulan sebelumnya sudah jadi WNI.. Menpora tidak berani berjanji, dia bilang saya akan bantu secepatnya. Beliau akan bicara dengan Menkumham,” tukas Hasani. (gi/om)